Tel : (021) 75875941 | Email : sekr-ptipk@bppt.go.id

 

 

 

REVIEW DESAIN KAPAL CEPAT RUDAL 60 – Batch 1

“Aspek Kinerja Operasional dan Tata Ruang di Kapal”

 

Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan BPPT

BPPT - Jakarta, 18 Januari 2017

 

Dalam rangka penugasan dari Komite Kebijakan Industri Pertahanan dan Keamanan (KKIP) untuk melakukan review desain pada Kapal Patroli Rudal 60 m (KCR 60) – Batch 1, BPPT dengan dukungan dari TNI AL dan PT PAL Indonesia telah melaksanakan kajian teknis sesuai dengan spesifikasi teknis KCR 60 yang telah dibangun. Kegiatan BPPT tersebut secara langsung mendukung program nasional dalam upaya mewujudkan kemampuan kemandirian untuk penguasaan teknologi rancang bangun kapal perang nasional. Melalui pembahasan teknis dan pengkajian dokumen hasil pengujian laboratorium, pengujian berlayar (sea trial) maupun gambar desain KCR 60, secara rinci telah dilakukan kajian teknis yang menyangkut aspek kinerja kecepatan kapal, stabilitas, tata ruang dan kekurangan kelengkapan kapal KCR 60 -Batch 1. Hasil review desain KCR 60 – Batch 1 tersebut disampaikan kepada KKIP dan selanjutnya disampaikan ke TNI AL untuk digunakan sebagai acuan dalam penyempurnaan desain KCR 60 mendatang.

Sebagai salah satu alutsista nasional yang diandalkan, Kapal Cepat Rudal 60m (KCR 60) yang diilengkapi dengan sistem persenjataan meriam, senjata rudal, senjata bantu dan dilengkapi Combat Management System (CMS) hendaknya dirancang secara komprehensif, demi menghasilkan desain produksi yang benar, tentunya tetap mempertimbangkan  aspek pembiayaan. Sebagai rujukan kedepan, hasil review desain KCR 60 - Batch 1 akan menjadi rujukan dalam pembangunan kapal KCR 60 tahap berikutnya. Oleh karenanya dalam penyiapan pembangunan KCR 60 tahap berikutnya, perlu dilakukan pembahasan dengan pihak institusi terkait dilingkungan TNI AL untuk penyusunan standar desain KCR 60 hasil penyempurnaan. Dari pengalaman operasional di lapangan dari TNI AL dan hasil evaluasi teknis (review)   pada kinerja Kapal Cepat Rudal 60 akan sangat bermanfaat untuk materi penyempurnaan desain KCR 60 oleh BPPT.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan review desain KCR 60 – Batch 1 yang telah diselesaikan, maka pada tanggal 18 Januari 2017 bertempat di BPPT Jakarta bersamaan dengan acara Media Gathering BPPT 2017, telah dilaksanakan penyerahan hasil Review Desain KCR 60 - BPPT dari Dr. Ir. Unggul Prayitno, MSc sebagai Kepala BPPT kepada perwakilan Komite Kebijakan Industri Strategis (KKIP) yang diwakili oleh Dr, Ir. Marzan Azis Iskandar, MEng selaku staf ahli KKIP untuk diteruskan selanjutnya kepada Kementerian Pertahanan dan TNI AL. Dalam acara  penyerahan tersebut juga disaksikan oleh Dr. Ir. Erzi Agson Gani, MEng selaku Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR)  dan Wakil Asisten Perencanaan KASAL. Penyerahan hasil Review Desain KCR 60 – Batch 1 tersebut menjadi hal penting bagi BPPT karena secara nyata BPPT dapat menyelesaikan penugasan program nasional dengan memberikan kontribusi memecahkan permasalahan teknis dalam upaya meningkatkan penguasaan teknologi kapal perang dan mendukung upaya kemandirian pengembangan industri perkapalan khususnya bidang hankam.

Dalam pertemuan forum gathering tersebut hadir wakil dari KKIP dan TNI AL, al. MABESAL, DISLITBANGAL dan PUSTEKINHAN-BPPT serta diliput oleh media masa. Hasil utama yang diperoleh dalam pertemuan tersebut adalah perlunya kerjasama antar institusi dalam upaya perbaikan kinerja pada desain kapal perang nasional, khususnya untuk penyempurnaan desain Kapal Cepat Rudal 60. Wacana pentingnya menjadi catatan utama adalah perlunya sinergi hasil kegiatan litbangyasa antara BPPT dan TNI AL dalam pengembangan alutsista khususnya kapal perang nasional.

(Sumber : Tim KCR 60 BPPT)

Statistik Pengunjung

7.png9.png5.png7.png8.png
Today32
Yesterday157
This week994
This month2961
Total79578

Hubungi Kami

Sekretariat PTIPK

Gedung Rekayasa Teknologi
      Pertahanan Keamanan (No.256) 
      Kawasan PUSPIPTEK, Setu, Tangerang Selatan 15314
  Telp. +62-21-75875941
  Fax. +62-21-75791285
  Email. sekr-ptipk@bppt.go.id
  ptipk.bppt.go.id

 

Komplain?