Tel : (021) 75875941 | Email : sekr-ptipk@bppt.go.id

 

 

 

Roll Out PUNA MALE "Elang Hitam"

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama anggota konsorsium Drone tipe MALE gelar seremoni Roll Out Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) tipe Medium Altitude Long Endurance (MALE). Acara yang digelar di PT. Dirgantara Indonesia (Persero), Bandung, Jawa Barat tanggal 30 Desember 2019 ini sekaligus dilakukan pemberian nama untuk PUNA MALE tersebut.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Dr. Hammam Riza menyampaikan pernyataan Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset Inovasi Nasional yang memberi nama PUNA MALE dengan sebutan "Elang Hitam" atau "Black Eagle". PUNA MALE Elang Hitam buatan anak bangsa ini ditujukan untuk menjaga kedaulatan bangsa seiring dengan meningkatnya ancaman daerah perbatasan, terorisme, penyelundupan, pembajakan, serta pencurian sumber daya alam seperti illegal logging dan illegal fishing.

Pada tahun 2020 akan dibuat 2 (dua) unit prototype berikutnya, masing-masing untuk tujuan uji terbang dan uji kekuatan struktur di BPPT. Di tahun yang sama, proses sertifikasi produk militer juga akan dimulai dan diharapkan pada akhir tahun 2021 sudah mendapatkan sertifikat tipe dari Pusat Kelaikan Kementerian Pertahanan RI (IMAA).

Kegiatan mengintegrasikan sistem senjata pada prototype PUNA MALE dilakukan mulai tahun 2020 dan diproyeksikan sudah mendapatkan sertifikasi tipe produk militer pada tahun 2023.

Diharapkan dengan kemandirian ini, maka PUNA MALE buatan Indonesia dapat mengisi kebutuhan squadron TNI AU untuk mengawasi wilayah NKRI melalui wahana udara. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan industri dalam negeri yang sesuai dengan mandat Undang-Undang No.16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. Bertepatan dengan acara roll out PUNA MALE, Kepala BPPT, Hammam Riza dan Direktur Utama PT.Dirgantara Indonesia (Persero), Elfien Goentoro juga menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pemanfaatan Sumber Daya, serta Sarana dan Prasarana.

Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi penyiapan pesawat terbang produksi PT.Dirgantara Indonesia (Persero) guna memenuhi kebutuhan BPPT, pengembangan Sumber Daya Manusia, pemanfaatan sarana dan prasarana dan potensi penyediaan dukungan pemeliharaan pesawat terbang, termasuk pengoperasian. (Humas/PTIPK)

Statistik Pengunjung

1.png2.png1.png3.png5.png0.png
Today188
Yesterday168
This week356
This month2044
Total121350

Layanan Aspirasi dan Pengaduan

Online Rakyat (LAPOR)

Hubungi Kami

Sekretariat PTIPK

Gedung Rekayasa Teknologi
      Pertahanan Keamanan (No.256) 
      Kawasan PUSPIPTEK, Setu, Tangerang Selatan 15314
  Telp. +62-21-75875941
  Fax. +62-21-75791285
  Email. sekr-ptipk@bppt.go.id
  ptipk.bppt.go.id

 

Komplain?