Tel : (021) 75875941 | Email : sekr-ptipk@bppt.go.id

 

 

 

Kerjasama Pemanfaatan Drone BPPT dengan BNN

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), menggelar Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2018. Penyelenggaraan KTN kali ketiga ini bertajuk "Strategi Implementasi Kebijakan Nasional untuk mendukung Kemandirian Teknologi", yang berlangsung mulai hari ini Selasa (17/07) sampai 19 Juli 2018, di Auditorium Gedung II BPPT Lantai 3, Jl. M. H. Thamrin No 8, Jakarta.

Di sela pembukaan KTN inipun, dihelat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara BPPT dengan Badan Narkotika Nasional tentang Pemanfaatan Inovasi Teknologi Dalam Mendukung Program Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan & Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekursor Narkotika.

Dinilai Kepala BNN Heru Winarko, saat ini peredaran dan penyalahgunaaan narkoba semakin canggih. Untuk itu, kelengkapan operasional BNN seperti laboratorium disebutnya akan dikembangkan bersama BPPT.

 

"Kami punya laboratorium khusus narkotika. Bisa kami kembangkan dengan BPPT terutama berkaitan dengan farmasi. Mereka (bandar narkoba) punya lab sendiri, kita lawan pakai laboratorium kita. Saya harap teknologi kita bisa sinergi," imbuh Heru.

Lebih lanjut Kepala BNN menyebut pihaknya ingin memaksimalkan penerapan teknologi untuk menunjang tugas pemberantasan narkoba. Salah satunya menurut Kepala BNN yakni dengan menggunakan drone atau pesawat nirawak dalam operasi pemberantasan narkoba bekerja sama dengan BPPT.

"Khusus untuk pemberantasan, kami dengan Kepala BPPT bekerja sama penggunaan drone untuk melacak operasional kita di lapangan, khususnya untuk pemberantasan," ungkapnya usai penandatanganan MoU di Auditorium BPPT, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Menurut Heru, sebenarnya teknologi semacam itu sudah dimiliki BNN. Namun dengan kerja sama BPPT, Heru yakin kemampuan BNN akan lebih mumpuni.

"Ya selama ini kan hanya pakai manual. Alat-alat yang ada, kita juga ada drone tapi mungkin teknologinya yang belum se-canggih yang ada di sini (BPPT, red)," ujarnya.

Sebagai informasi Kepala BPPT Unggul Priyanto dalam sambutannya menuturkan bahwa KTN 2018 ini difokuskan pada bidang Teknologi Industri Pertahanan, Kebencanaan dan Material.

“Fokus KTN kali ini penting, utamanya dalam mendukung era Revolusi Industri ke empat (Industri 4.0,- red). Topik ini juga sesuai guna mewujudkan akselerasi program prioritas pembangunan pemerintah,” ungkapnya. (Humas/HMP)

Statistik Pengunjung

1.png2.png6.png7.png4.png1.png
Today3
Yesterday86
This week440
This month3213
Total126741

Layanan Aspirasi dan Pengaduan

Online Rakyat (LAPOR)

Hubungi Kami

Sekretariat PTIPK

Gedung Rekayasa Teknologi
      Pertahanan Keamanan (No.256) 
      Kawasan PUSPIPTEK, Setu, Tangerang Selatan 15314
  Telp. +62-21-75875941
  Fax. +62-21-75791285
  Email. sekr-ptipk@bppt.go.id
  ptipk.bppt.go.id

 

Komplain?