Tel : (021) 75875941 | Email : sekr-ptipk@bppt.go.id

 

 

 

Short Training Introduction To Submarine SAAB – BPPT 14 – 15 November 2017

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan amandemen MOU antara BPPT dengan SAAB Swedia dalam mendukung kemandirian penguasaan teknologi dan pemenuhan produk industry  Alpalhan. Produk industri Alpalhan dalam hal ini adalah kapal selam. Kapal selam merupakan wahan matra laut yang dibutuhkan untuk mengawasi, mengamankan dan melindungi wilayah kedaulatan perairan laut yang luas, termasuk kekayaan dan Sumber Daya Alam ( SDA ) yang berada dibawah air.

Langkah awal yang dibutuhkan untuk mempercepat terwujudnya kemandirian penguasaan teknologi kapal selam adalah melakukan upaya kerjasama riset dan produksi dengan negara produsen yang sudah berpengalaman dalam penguasaan teknologi kapal selam, baik kerjasama pengembangan SDM dalam negeri, pemnafaatan fasilitas laboratorium, melaksanakan pelatihan, mengadakan seminar atau workshop, maupun proses alih teknologi.

Pelatihan singkat mengambil topik yaitu Introduction To Submarine, diselenggarakan selama 2 hari mulai dari tanggal 14 sampai 15 November 2017 bertempat di Ruang Auditorium Gedung Teknologi 2 TIRBR BPPT Kawasan Puspiptek Serpong. Tujuan diadakan pelatihan ini adalah memperoleh informasi tentang pengenalan prinsip desain kapal selam dan juga untuk menambah wawasan tentang peran dan fungsi kapal selam dalam pertahanan.

Tenaga pengajar langsung didatangkan dari SAAB Kockums Swedia yang masing-masing personil memiliki pengalaman dan kompetensi sesuai dengan materi yang diajarkan

Adapun ruang lingkup kegiatan pelatihan pengenalan kapal selam antara lain adalah :

  1. ·         Pengenalan kapal selam
  2. ·         Awak yang berada di kapal selam
  3. ·         Sistem keamanan
  4. ·         Hidromekanik dan penyamaran kapal selam
  5. ·         Material dan dukungan logistik kapal selam
  6. ·         Penyimpanan dan konversi daya serta sistem kelistrikan kapal selam
  7. ·         Auxiliary System
  8. ·         Sistem manajemen kapal selam
  9. ·         Sistem persenjataan dan sensor kapal selam

Metode yang akan digunakan dalam pelatihan ini adalah presentasi dari tenaga pengajar dan diskusi berupa tanya jawab interaktif setiap materi.

Peserta pelatihan yang diundang berjumlah kurang lebih 40 orang yang berasal dari instansi pemerintahan yaitu Kementerian Pertahanan ( dalam hal ini Balitbang Kemhan ), TNI-AL ( jajaran struktur organisasi yang berkaitan dengan Unsur Pelaksana ), institusi pendidikan ( Universitas ), Industri dan BPPT ( Unit dan Satker ).

Opening ceremony dibuka oleh Direktur Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan Dr. Ir. Adhi Dharma Permana, sebagai perwakilan dari BPPT dan Jan Stenvall, MSc, Senior Researcher SAAB Kockums

Statistik Pengunjung

1.png3.png4.png9.png1.png9.png
Today17
Yesterday131
This week845
This month3708
Total134919

Layanan Aspirasi dan Pengaduan

Online Rakyat (LAPOR)

Hubungi Kami

Sekretariat PTIPK

Gedung Rekayasa Teknologi
      Pertahanan Keamanan (No.256) 
      Kawasan PUSPIPTEK, Setu, Tangerang Selatan 15314
  Telp. +62-21-75875941
  Fax. +62-21-75791285
  Email. sekr-ptipk@bppt.go.id
  ptipk.bppt.go.id

 

Komplain?