Tel : (021) 75875941 | Email : sekr-ptipk@bppt.go.id

 

 

 

Focus Group Discussion Kapal Cepat Rudal 60m - 17 Mei 2017

FGD Sistem Komunikasi, Navigasi dan Persenjataan

Hotel Morrissey - Jakarta, 17 Mei 2017

Dalam rangka kegiatan litbangyasa BPPT guna mewujudkan kemampuan kemandirian untuk penguasaan teknologi rancang bangun kapal perang nasional, secara bertahap telah dilakukan penyempurnaan desain Kapal Patroli Rudal 60 m (KCR 60) – batch 1. Berlandaskan opsreq - spectech TNI AL hasil penyempurnaan desain KCR 60 – BPPT tersebut ke depan akan disampaikan kepada TNI AL sebagai standar desain KCR 60

Sebagai salah satu alutsista nasional yang handal, Kapal Cepat Rudal 60m (KCR 60) diilengkapi dengan sistem persenjataan meriam, senjata rudal, senjata bantu dan dilengkapi Combat Management System (CMS) pada ruang Pusat Kendali Tempur (PIT). Sedangkan kelengkapan sistem Navigasi - Komumunikasi di kapal dilengkapi dengan peralatan komunikasi 3 matra, sistem navigasi perpetaan, radar, sonar dan komunikasi darurat. Kedepan sebagai desain standar KCR 60 – BPPT akan menjadi rujukan dalam pembangunan kapal KCR 60 tahap berikutnya. Karenanya dalam penyusunan standar desain KCR 60 tersebut perlu dilakukan diskusi dengan pihak institusi terkait dilingkungan TNI AL. Pengalaman dan hasil evaluasi teknis  dari TNI AL dalam pengoperasian sistem persenjataan dan sistem navigasi komunikasi di Kapal Cepat Rudal maupun kapal patroli sejenis sangat bermanfaat dalam penyempurnaan desain KCR 60 – BPPT.

Terkait dengan pelaksanaan penyempurnaan desain KCR 60 untuk menghasilkan satandar desain KCR 60, maka pada tanggal 17 Mei 2017 bertempat di hotel Morrissey Jakarta, telah diselenggarakan forum diskusi KCR 60 - BPPT bersama lembaga terkait di TNI AL, khususnya menyangkut sistem navigasi-komunikasi dan persenjataan. Satu hal penting yang disampaikan pada acara tersebut adalah hasil evaluasi Radar Cross Section (RCS) model KCR 60 yang ditampilkan dalam simulasi grafis. Terlihat beberapa kelemahan bentuk bangunan atas dan lambung kapal yang mudah terdeteksi radar musuh. Pada paparan berikutnya juga ditampilkan evaluasi pengaruh interferensi gelombang elektro magnetik pada pemasangan beberapa antena komunikasi di kapal. Gangguan interferensi tersebut akan mengurangi kinerja antena dalam komunikasi.

Hadir dalam pertemuan forum disteri sekusbut wakil-wakil dari TNI AL :  SRENAL, SOPSAL, SLOGAL, DISSENLEKAL, DISKOMLEKAL, DISMATAL, DISLITBANGAL serta PUSTEKINHAN-BPPT. Hasil utama yang diperoleh dalam pertemuan tersebut adalah perlunya saling tukar informasi dan memberikan masukan untuk perbaikan kinerja pada sistem senjata dan navigasi komunikasi pada desain kapal perang nasional, khususnya untuk penyempurnaan Kapal Cepat Rudal 60. Wacana pentingnya evaluasi Radar Cross Section pada bangunan kapal perang Indonesia menjadi catatan penting untuk dikembangkan kerjasama BPPT dan TNI AL dalam litbangyasa desain kapal perang nasional.

 

(Sumber : Tim KCR 60 BPPT)

Statistik Pengunjung

1.png0.png9.png3.png0.png1.png
Today129
Yesterday172
This week577
This month577
Total109301

Hubungi Kami

Sekretariat PTIPK

Gedung Rekayasa Teknologi
      Pertahanan Keamanan (No.256) 
      Kawasan PUSPIPTEK, Setu, Tangerang Selatan 15314
  Telp. +62-21-75875941
  Fax. +62-21-75791285
  Email. sekr-ptipk@bppt.go.id
  ptipk.bppt.go.id

 

Komplain?